Penyebab dan Cara Menghilangkan Selulit

Penyebab dan Cara Menghilangkan Selulit
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2015-07-30

Redaksi86 – Selulit adalah kondisi kulit di mana lemak akan tersimpan di bawah kulit. Dalam kondisi ini, kulit akan tampak kental dan berlesung. Selulit ini paling sering ditemukan pada bagian daerah paha dan pantat, tetapi juga dapat muncul pada tangan dan kaki juga. Umumnya perempuan lebih rentan terhadap selulit daripada pria. Meskipun selulit bukan kondisi kesehatan yang serius, tapi tentu saja adanya selulit akan membuat kulit di daerah tertentu akan terlihat jelek. Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab timbulnya selulit?

Perlu diingat bahwa kelebihan berat badan bukanlah penyebab utama timbulnya selulit, tetapi jika anda mengalami obesitas, maka anda dapat mengurangi selulit dengan cara menurunkan berat. Selulit ini paling sering terlihat pada wanita dibandingkan pada pria. Hormon seks perempuan memainkan peran utama dalam menyebabkan selulit, karena serat kolagen melemah dengan usia maka akan membentuk kulit berlesung. Selain itu selulit juga dapat muncul bila anda memiliki kekurangan gizi sehingga membuat jaringan ikat menjadi rusak dan memungkinkan lemak untuk terkumpul di bawah permukaan kulit. Tidak hanya itu saja, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan selulit meliputi:

  • Stres
  • Kurang olahraga atau gaya hidup yang tidak aktif
  • Perubahan hormonal atau penggunaan kontrasepsi hormonal yang berlebihan
  • Hormon seperti noradrenalin , estrogen , hormon tiroid , prolaktin dan insulin dapat menghasilkan selulit
  • Pola makan yang tidak tepat, mencakup karbohidrat, lemak, atau garam yang terlalu banyak dan sedikit serat akan dapat menyebabkan selulit
  • Dehidrasi
  • Metabolisme yang lambat, dapat menyebabkan selulit
  • Terlalu sering mengenakan pakaian yang ketat dapat membatasi aliran darah sehingga dapat mengakibatkan pembentukan selulit
  • Selulit terlihat kurang jelas pada orang-orang dengan warna kulit lebih gelap. Tapi lesung kulit selulit akan terlihat lebih jelas pada orang-orang dengan warna kulit yang lebih terang.

Lalu bagaimana cara menghilangkan selulit yang menggangu penampilan itu? Salah satu cara menghilangkan selulit yang dapat anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi cuka sari apel, karena cuka sari apel dapat mempertahankan keseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga secara efektif menghilangkan selulit yang terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Cuka sari apel juga dapat memberikan nutrisi dan mineral untuk tubuh sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan aliran darah dalam tubuh, sehingga sangat membantu mengobati selulit.

Tanggapan Anda