Penyebab dan Tips untuk Menghilangkan Varises

Penyebab dan Tips untuk Menghilangkan Varises
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2015-07-30

Redaksi86 – Ada banyak pembuluh darah di dalam tubuh yang bertugas membawa darah ke jantung kita. Oleh karena itu, pembuluh-pembuluh darah tersebut sangat penting untuk sirkulasi darah di dalam tubuh kita. Sekarang bayangkan sebuah pipa yang membawa air menuju keran dapur atau kamar mandi. Apa yang terjadi ketika pipa tidak lurus dan akan memutar di beberapa bagian atau ketika struktur pipa tidak mulus dan ada benjolan dalam pipa, padahal air tetap akan memberikan tekanan pada daerah pipa yang tidak mulus itu dan karena cairan tidak dapat didorong maka air akan tetap terjebak di tempat itu. Selain itu, tekanan dan aliran air yang keluar dari keran akan sangat terpengaruh. Kondisi yang seperti itu mirip dengan kondisi varises. Bengkak, membesar dan pembuluh darah yang berliku-liku seperti itu tidak mampu memberikan aliran darah yang lancar ke jantung dan darah akan menggenang di pembuluh darah tersebut. Varises paling sering ditemukan di kaki dan pergelangan kaki.

Penyebab varises biasanya terjadi karena faktor keturunan, jadi, bila anda memiliki anggota keluarga yang mengalami varises, maka kemungkinan anda akan terkena varises juga semakin besar. Namun, selain itu varises juga dapat disebabkan oleh kaki yang terlalu sering menahan bobot tubuh dalam jangka waktu yang terlalu lama, ketika berdiri atau berjalan dengan tegak, khususnya lagi bagi wanita yang terlalu lama menggunakan sepatu hak tinggi. Kebiasaan tersebut bila dilakukan secara terus menerus maka akan meningkatkan tekanan darah pada pembuluh vena bagian bawah.

Lalu, bagaimana cara agar dapat menghilangkan varises yang terkadang cukup menyakitkan dan mengganggu penampilan itu? Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda praktekkan :

  • Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang terlalu lama
  • Perhatikan asupan makanan, dan jaga bobot tubuh dalam kondisi berat ideal, sebab berat ideal akan membuat kaki tidak terlalu berat menahan bobot tubuh
  • Bila sedang beristirahat di rumah, usahakan untuk selalu memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung agar sirkulasi darah tidak terhambat
  • Gunakan stoking khusus yang biasanya digunakan untuk terapi varises
  • Jika ada pembengkakan atau rasa tidak nyaman, lakukan kompres es pada pembuluh darah yang membengkak
Tanggapan Anda