Tanaman Lidah Buaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tanaman Lidah Buaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2015-07-30

Redaksi86 – Lidah buaya adalah tanaman yang mudah ditemukan. Tanaman ini terkenal karena kemampuannya sebagai pelembab yang menjadikannya sebagai bahan utama dari beberapa produk kecantikan di seluruh dunia.
Lidah buaya tumbuh sempurna di iklim yang hangat dan kering sehingga ada banyak ahli botani yang percaya bahwa tanaman ini memiliki asal-usul dari padang pasir Afrika. Terlepas dari ini alasan ketersediaan tanaman ini di seluruh dunia begitu banyak adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan alam, selain itu adanya cukup banyak orang yang membawa tanaman ini dari satu tempat ke tempat lain untuk mendapatkan manfaat dari tanaman ini di daerah asal mereka.

Selain digunakan sebagai salah satu bahan utama beberapa produk kecantikan, lidah buaya juga dapat diekstrak dan diambil sarinya. Meskipun sari lidah buaya meninggalkan rasa pahit di mulut, namun dalam sari lidah buaya itu sendiri mengandung beragam jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, Niacin dan asam folat. Selain itu, ada juga berbagai jenis mineral yang terkandung dalam sari lidah buaya seperti natrium, besi, tembaga, kalsium, Magnesium, Kalium, Chromium dan Mangan bersama dengan 19 asam amino lainnya yang 8 di antaranya tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri.

Oleh karena banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung dalam lidah buaya, maka tak mengherankan bila banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari sari tanaman ini. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari sari lidah buaya adalah :

  • Sari lidah buaya dapat digunakan untuk membantu proses penurunan berat badan.
  • Anti oksidan yang terkandung dalam sari lidah buaya dapat meningkatkan imunitas dan membantu memerangi radikal bebas yang menyerang tubuh.
  • Dapat mengobati sembelit kronis, namun jangan minum sari lidah buaya dalam jumlah yang terlalu besar, sebab hal tersebut malah akan menyebabkan kerusakan pada lapisan usus.
  • Mampu mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi.
  • Mampu menghambat peradangan.
  • Mengendalikan kadar gula dalam darah.
  • Mencegah penuaan kulit dan dapat digunakan untuk mengobati luka kecil, luka bakar dan iritasi kulit.
Tanggapan Anda