Bila Berkunjung ke Surabaya, Jangan Lupa Cicipi 5 Makanan Khas Ini

Bila Berkunjung ke Surabaya, Jangan Lupa Cicipi 5 Makanan Khas Ini
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2015-08-02

Redaksi86 – Surabaya tak hanya terkenal sebagai Kota Pahlawan dan taman-tamannya yang kini terlihat sangat indah, namun kota ini pun menyimpan harta karun kuliner yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Penasaran, makanan khas Surabaya apa saja yang wajib anda cicipi ketika berkunjung ke Surabaya? Berikut ini ulasan singkat yang mungkin dapat anda gunakan sebagai referensi ketika ingin mencoba makanan khas Surabaya :

  • Rujak Cingur
    Kurang lengkap rasanya bila anda berkunjung ke Surabaya tapi tak mencoba kuliner lezat yang satu ini. Ya, rujak cingur memang sangat terkenal sebagai salah satu makanan khas kota pahlawan. Pada dasarnya, rujak cingur ini terdiri dari kumpulan buah dan sayuran contohnya seperti mangga muda, nanas, bengkoang, timun, kangkung dan sebagainya yang kemudian ditambahkan dengan irisan lontong, tahu, tempe dan tak ketinggalan ditambah dengan primadona dalam makanan ini yakni cingur yang merupakan hidung kerbau. Semua bahan tersebut nantinya dicampur bumbu yang terbuat dari campuran petis, kacang, gula merah, dan cabai untuk memberi rasa pedas.
  • Lontong Balap
    Kuliner ini juga menggunakan lontong sebagai sumber karbohidratnya. Meskipun hanya berisi bahan sederhana seperti lontong, tahu goreng, tauge, dan lentho yang nantinya disiram dengan kuah panas berbumbu, namun rasa dari makanan ini dipastikan akan dapat menggoyang lidah anda, khususnya bila anda juga menambahkan lauk pelengkap yang berupa sate kerang.
  • Tahu Campur
    Sesuai namanya, kuliner ini bahan utamanya adalah tahu goreng yang kemudian dicampur dengan berbagai macam bahan lainnya, mulai dari mie kuning, tauge, selada air dan makanan unik khas dari kuliner ini berupa perkedel namun terbuat dari singkong. Setelah itu, nantinya semua bahan makanan yang telah tercampur dalam piring akan disiram dengan kuah panas berbumbu, lengkap dengan beberapa potongan daging sapi dan ditambah dengan bumbu petis serta kerupuk sebagai pelengkap.
  • Tahu Tek Tek
    Nama kuliner yang satu ini konon katanya berawal dari suara gunting untuk memotong tahu yang bunyinya biasanya “tek tek tek”. Bila sekilas dilihat bahan-bahan untuk membuat Tahu Tek Tek memang mirip dengan Ketoprak Jakarta karena terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge dan kerupuk udang, namun yang membedakan adalah bumbunya, sebab bumbu Tahu Tek Tek memakai petis.
  • Semanggi Surabaya
    Meskipun sangat khas, namun Semanggi Surabaya sudah cukup langka untuk ditemukan bahkan di kota Surabaya sekalipun. Secara sekilas, tampilan kuliner ini mirip dengan Pecel karena terdiri dari sayur-sayuran seperti, tauge, dan kangkung yang disiram dengan bumbu kacang, namun yang membedakan kuliner ini dengan pecel adalah adanya daun semanggi yang menjadi bahan utama dari makanan ini, dan sebagai pelengkapnya juga ada kerupuk khas yang disebut dengan kerupuk uli.
Tanggapan Anda