Beragam Kuliner Khas Aceh yang Unik dan Lezat

Beragam Kuliner Khas Aceh yang Unik dan Lezat
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2015-08-02

Redaksi86 – Indonesia merupakan negara luas yang terdiri dari beragam kepulauan, oleh karena itu negara kita ini juga memiliki penduduk yang tidak hanya banyak jumlahnya namun juga beragam budayanya, hal tersebut juga berpengaruh pada ragam kuliner di setiap daerah. Jangankan berbeda pulau, bahkan yang kotanya saling bersebelahan pun pasti memiliki kuliner khas yang berbeda dan tidak dapat ditemukan di daerah lainnya, begitu pula di Aceh. Lalu apa saja kuliner khas Aceh yang unik dan jarang atau bahkan tidak dapat ditemukan di daerah lainnya? Berikut ini ulasan singkatnya :

Rujak Aceh
Ternyata di daerah yang berjuluk serambi Mekkah ini, kita juga dapat menemukan penganan yang bernama rujak. Namun tentu saja ada yang berbeda dari rujak khas Aceh ini bila dibanding dengan rujak yang berasal dari daerah lainnya. Meskipun buah-buahan yang digunakan untuk membuat rujak ini relatif sama dengan rujak buah lainnya, namun keunikan dari rujak yang dapat ditemukan di daerah Samalanga, Bireuen, Aceh ini adalah cita rasanya, yang tidak hanya pedas namun juga ada perpaduan rasa asam dan manis. Perpaduan rasa itu berasal dari bumbunya yang terbuat dari campuran cabai rawit, asam jawa, gula merah, kacang tanah, garam dan yang membuatnya terasa lebih unik adalah adanya tambahan pisang batu atau rumbia yang merupakan salak Aceh

Mie Aceh
Kuliner ini merupakan primadona di Aceh, jadi kurang rasanya bila anda berkunjung ke Aceh namun tidak mencicipi mie Aceh. Sesuai namanya, hidangan ini berupa mie yang disiram dengan kuah khas Aceh, dan tersedia dalam beragam pilihan toping mulai ayam, daging kambing hingga kepiting.

Timpan
Setelah membahas rujak dan mie, saatnya kali ini kita membahas camilan khas dari daerah yang letaknya di ujung pulau Sumatra ini. Camilan khas berupa kue ini dikenal dengan nama Timpan. Kue Timpan terbuat dari bahan tepung ketan, srikaya dan nangka yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Tanggapan Anda