Ini Alasan Harley Davidson Lakukan Recall Motor Touringnya Secara Massal

Ini Alasan Harley Davidson Lakukan Recall Motor Touringnya Secara Massal
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2015-08-03

Redaksi86 – Siapa bilang, pabrikan otomotif ternama sekelas Harley Davidson tak pernah melakukan recall produknya? Baru-baru ini, pabrikan yang terkenal akan produksi motor gedenya itu melakukan pengembalian kembali produk motor touring mereka ke pabrik asal. Daftar motor touring yang masuk ke jajaran produk yang direcall itu mencakup produk yang dirilis tahun 2014-2015. Selain itu, jumlah produk yang ditarik dan dikembalikan ke pabrik asal untuk dilakukan perbaikan pun tergolong cukup banyak hingga mencapai ratusan ribu unit, tepatnya sejumlah 185.272 unit.

Seperti yang kita ketahui, sebuah produk terpaksa harus mengalami recall disebabkan karena ada kesalahan atau ketidaksempurnaan yang ada pada salah satu atau beberapa komponen dari produk tersebut. Begitu pula yang dialami oleh ratusan ribu unit motor besutan Harley Davidson itu. Namun, apa sebenarnya penyebab utama yang mengakibatkan pihak HD harus melakukan recall massal pada ratusan ribu unit motor touring besutannya tersebut?

Ternyata berdasarkan temuan dari pihak NHTSA sebuah Lembaga Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya di Amerika Serikat ada masalah pada bagian pengait saddlebag (bagasi samping) pada motor touring tersebut yang disinyalir kurang sempurna. Bila masalah pada saddlebag tersebut tetap dibiarkan maka bisa saja akan membahayakan keselamatan pengendara motor touring tersebut, sebab jika terus dibiarkan begitu saja maka lama kelamaan saddlebag akan lepas secara keseluruhan, dan hal itu tentu saja akan sangat berbahaya. Tidak hanya itu saja, masalah tersebut juga dapat merusak sektor bagasi motor tersebut.

Berbagai keluhan yang dilayangkan konsumen mengenai masalah pada saddlebag motor touring Harley Davidson sebenarnya sudah muncul mulai dari awal tahun ini, bahkan cukup banyak konsumen yang mengklaim garansi karena terkait dengan masalah yang terjadi pada saddlebag tersebut. Akhirnya baru pada bulan Juni 2015, pabrikan otomotif tersebut mengeluarkan pernyataan resmi mengenai bagian pengait tersebut yang bermasalah dan membutuhkan perbaikan. Dan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada pengait tersebut, maka pihak Harley-Davidson pun memutuskan untuk mengganti pengikat mounting dengan menggunakan bahan yang lebih kuat dan tahan getaran.

Tanggapan Anda