Tips Agar Motor Bebas dari Penyakit “Brebet”

Tips Agar Motor Bebas dari  Penyakit  “Brebet”
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2015-08-06

Redaksi86 – Motor “brebet” merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu ketika berkendara. Selain mengeluarkan suara “batuk-batuk” yang cukup mengganggu, penyakit “brebet” juga membuat performa motor kesayangan anda tidak dapat digeber dengan sempurna, karena bila motor di gas kecepatannya malah tertahan. Masalah seperti itu tentu saja bakal lebih menganggu ketika anda ingin melakukan perjalanan yang menempuh jarak cukup jauh, sebab kecepatan motor yang anda inginkan tidak bisa terealisasikan bila motor yang anda kendarai “brebet” terus.

Lalu bagaimana cara yang tepat agar motor yang suka “brebet” itu dapat kembali seperti performanya yang dulu? Berikut ini ada tips yang dapat anda terapkan agar motor kesayangan anda bebas dari penyakit “brebet” :

  • Periksa kondisi busi
    Salah satu penyebab motor “brebet” adalah busi yang kotor sehingga dapat membuat proses pembakaran dalam ruang bakar terganggu. Oleh sebab itu agar percikan api tetap besar dan stabil maka anda harus membersihkan busi bila kondisinya kotor, khususnya bila terdapat kerak hitam di sekelilingnya. Selain itu, kemungkinan motor anda juga membutuhkan busi dingin yang cenderung dapat digunakan lebih lama.
  • Periksa bagian karburator
    Motor menjadi “brebet” biasanya juga terjadi karena sektor karburator yang rusak. Hal yang paling sering terjadi adalah adanya masalah pada bagian needed valve dan pelampung pada karburator tersebut, sehingga membuat bahan bakar menjadi banjir serta busi menjadi basah. Selain itu, kemungkinan bahan bakar dalam motor anda telah terkena air,biasanya masalah ini terjadi karena motor terkena banjir atau ada kesalahan saat mencuci.
  • Selalu gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor
    Usahakan untuk selalu menggunakan bahan bakar atau bensin yang sesuai dengan spesifikasi motor anda, sebab bila tidak maka biasanya akan ada beberapa masalah yang muncul termasuk mesin yang “brebet”. Hal tersebut terjadi karena bahan bakar yang “diminum” motor tidak sesuai dengan rasio kompresi yang dibutuhkan. Penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi juga dapat membuat mesin motor anda menjadi awet.
Tanggapan Anda