Tips Menjaga Kondisi Ban Mobil agar Tetap Prima

Tips Menjaga Kondisi Ban Mobil agar Tetap Prima
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2015-08-06

Redaksi86 – Salah satu cara agar selalu aman saat berkendara adalah usahakan untuk rutin menyediakan waktu memeriksa komponen penting pada mobil sebelum digunakan, khususnya saat akan digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Nah, salah satu komponen penting dan sangat berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan saat berkendara adalah ban mobil.

Pada dasarnya ban mobil yang dapat disebut dalam keadaan yang prima itu adalah ban yang tekanannya sesuai dengan standar pabrikan yang tertulis pada dashboard mobil atau pada buku panduan mobil. Lalu bagaimana cara agar anda dapat menjaga kondisi ban mobil agar tetap selalu prima? Berikut ini ulasan singkatnya yang dapat anda terapkan agar kondisi ban mobil anda tetap prima saat digunakan :

  • Periksa kondisi tekanan ban mobil secara berkala
    Usahakan untuk ruting memeriksa kondisi tekanan ban dengan menggunakan alat pengukur tekanan ban setidaknya 2 minggu sekali, sehingga anda benar-benar dapat mengetahui tekanan ban mobil anda saat itu dengan lebih akurat dan tidak hanya mengandalkan faktor perasaan saja
  • Hindari memompa ban hingga melebihi tekanan maksimal
    Hindari untuk memompa ban mobil hingga melebihi tekanan maksimal, sebab hal tersebut dapat mengakibatkan ban mudah meletus khususnya bila sedang digunakan di siang hari yang panas dengan jarak tempuh yang cukup panjang. Seperti yang kita ketahui ketika digunakan maka ban mobil tersebut akan terus bergesekan dengan aspal sehingga akan mengakibatkan meningkatnya tekanan dalam ban, nah bila tekanan dalam ban semakin meningkat hingga melebihi tekanan maksimalnya, maka ban mobil akan mudah meletus.
  • Biasakan untuk mengisi angin saat ban dalam keadaan dingin
    Idealnya, bila mobil telah digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh, maka untuk mengisi angin pada ban setidaknya harus ditunggu sekitar 2-3 jam, sebab saat itu kondisi ban sudah dingin. Hal tersebut diperlukan agar bisa mendapatkan tekanan ban yang akurat
  • Lakukan Spooring dan Balancing
    Untuk menjaga tekanan udara dalam ban tetap stabil maka spooring dan balancing memang cukup diperlukan. Hal tersebut juga berguna agar ban tidak cepat aus.
Tanggapan Anda