Mendesain Ruang Keluarga yang Sederhana namun Nyaman dan Menarik

Mendesain Ruang Keluarga yang Sederhana namun Nyaman dan Menarik
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2015-08-07

Redaksi86 – Ruang keluarga adalah tempat di mana anda dapat menghabiskan waktu anda untuk beristirahat dan berkumpul dengan seluruh anggota keluarga anda. Oleh karena itu, keindahan dan kenyamanan menjadi dua hal penting yang harus anda pertimbangkan. Saat ini, ada banyak hal yang dapat diterapkan untuk ruang keluarga, baik dalam rupa furniture mebel, perangkat elektronik dan bahkan beberapa aksesoris pendukung lainnya.

Anda mungkin perlu untuk mengimplementasikan semua hal tersebut. Tapi tentu saja, anda juga harus melihat kondisi ruangan yang ingin anda jadikan sebagai ruang keluarga itu, sebab akan lebih baik bila anda memberikan lebih banyak bagian kosong tanpa furniture dalam ruang keluarga, agar ruangannya terlihat tidak terlalu formal dan gayanya terlihat lebih sehingga dapat membuat seluruh anggota keluarga merasa lebih nyaman, khususnya bila ruang keluarga dalam rumah anda terletak di tengah-tengah rumah, yang biasanya membuat ruangan ini akan tidak memiliki cukup sinar matahari dan sirkulasi udara yang cukup.

Nah, furniture memang merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mendesain sebuah ruang keluarga yang sederhana namun nyaman dan menarik. Tapi, seperti yang sudah sempat disinggung diatas, bukan berarti bahwa anda dapat menempatkan terlalu banyak furnitur di dalamnya, sebab anda harus mempertimbangkan fungsi perabot atau furniture yang akan anda letakkan pada ruang keluarga tersebut apakah benar-benar bermanfaat atau tidak. Namun, diantara semua furniture yang lazim diletakkan di ruang keluarga, ada dua furniture yang sepertinya memang wajib ada di ruang keluarga yaitu :

  • Sofa
    Sofa memang salah satu furniture yang benar-benar tepat untuk ruang keluarga. Anda pasti akan merasa lebih nyaman bila duduk dan beristirahat diatas sofa untuk sekedar menonton televisi. Sebaiknya anda menggunakan sofa yang memiliki warna-warna hangat atau warna pastel yang lembut.
  • Karpet juga dapat digunakan sebagai tempat duduk atau hanya untuk sekedar memberikan pilihan tempat untuk duduk yang lebih banyak.

Furniture lainnya yang sebaiknya ada dalam ruang keluarga adalah televisi dan meja atau rak, namun, jika ruang keluarga anda cukup sempit, maka sebaiknya anda menghindari menggunakan meja atau rak yang lacinya terlalu banyak. Selain itu, untuk aksesoris tambahan, anda mungkin dapat mempertimbangkan vas bunga yang fungsinya tidak hanya untuk mempercantik ruangan, namun juga berfungsi untuk membuat ruangan tersebut terasa lebih segar. Vas yang berisi bunga beraneka warna akan dapat membuat ruang keluarga anda terasa lebih hidup dan tidak monoton.

Tanggapan Anda