Remisi Untuk Narapidana di HUT RI

Remisi Untuk Narapidana di HUT RI
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2015-08-18

Redaksi86 – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengadakan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Utama. Dalam acara ini Menteri Hukum dan HAM yaitu Yasonna Laoly bertugas sebagai inspektur upacara. Menteri Yasonna mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan remisi umum untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI dan juga remisi dasawarsa. Dikabarkan pula bahwa narapidana yang akan mendapatkan remisi dalam rangka menyambut kemerdekaan RI ini sekitar 118.405 orang.

Sementara Remisi dasawarsa sendiri menjadi salah satu cara bersuka cita untuk menyambut dasawarsa Indonesia merdeka. Menhumkan mengatakan bahwa seharusnya orang-orang yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan juga ikut bersuka cita guna merayakan kemerdekaan Indonesia. Menteri Yasonna mengutarakan hal tersebut kala memimpin upacara kemerdekaan tersebut.

Adalam upacara kemerdekaan tersebut, politikus yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP tersebut memberikan remisi secara simbolis kepada 4 orang wakil narapidana yang terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan. Menurut Menteri Yasonna lagi bahwa pemberian remisi tersebut menjadi salah satu instrumen guna meningkatkan pembinaan kepada para napi.

Pemberian remisi ini menjadi salah satu instrumen guna membina mereka ke arah yang lebih baik. Dan dengan meningkatnya pembinaan tersebut tentu saja bisa digunakan ketika mereka keluar dan berbaur di lingkungan masyarakat. Menteri Yasonna sendiri juga menyampaikan selamat kepada para narapidana yang mendapatkan remisi.

Tanggapan Anda