Penggusuran Kampung Pulo Berakhir Ricuh

Penggusuran Kampung Pulo Berakhir Ricuh
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2015-08-21

Redaksi86 – Relokasi yang dilakukan pemerintah terhadap warga di RW 1 Kampung Pulo Jakarta Timur akhirnya berlangsung dengan ricuh. Beberapa warga dikabarkan tidak terima jika tempat tinggal yang mereka tempati harus digusur dan dihancurkan. Beberapa warga akhirnya melakukan perlawanan dan terus membuat penggusuran terhambat. Mereka terus melempari alat berat dan juga menahan alat-alat berat tersebut yang hendak menghancurkan bangunan.

Dikabarkan beberapa warga langsung marah dan juga emosi serta tidak terima ketika alat berat yang dijalankan oleh petugas berusaha menghancurkan rumah-rumah mereka. Beberapa warga sendiri mengaku sudah menolak dengan tegas relokasi tersebut. Hasilnya beberapa warga mengamuk dan langsung melempari petugas menggunakan batu dan juga balok kayu.

Petugas pemerintahan tidak tinggal diam. Mereka langsung menembakkan gas air mata ke tengah-tengah para pendemo yang sejak pagi terus membentangkan spanduk penolakan dan juga terus menghadang aparat yang terdiri dari TNI, Polri dan juga SatPol PP. Bahkan ketika proses relokasi berlangsung, ada beberapa warga yang nekat untuk tetap bertahan di dalam rumah supaya alat berat tidak berani untuk maju menghancurkan rumah-rumah mereka.

Di dalam kericuhan tersebut, para petugas juga langsung mengamankan warga yang merasa tidak rela bangunan mereka dirubuhkan. Pemkot Jakarta Timur sendiri mengerahkan sekitar 2.150 pasukan gabungan guna mengamankan jalannya relokasi.

Tanggapan Anda