Soal Optimalisasi KBIH, Kemenag: Mandiri dalam Ibadah Jemaah Lebih Khusyuk

Soal Optimalisasi KBIH, Kemenag: Mandiri dalam Ibadah Jemaah Lebih Khusyuk
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2015-09-08

Redaksi86 – Menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR Dikdik Sodik Mudjahid , istilah haji mandiri bisa diartikan sebagai upaya lepas tangan pemerintah dalam memberikan perlindungan, pelayanan dan pembinaan calon haji .Sedangkan menurut KaBid. Bimbingan Ibadah PPIH Arab Saudi, Ali Rokhmad, mengemukakan haji mandiri adalah jemaah yang mampu melaksanakan ibadah haji tanpa tergantung pada pihak lain.Mengapa perlu mandiri dalam ibadah. Supaya jemaah lebih khusyuk dalam melaksanakan ketentuan manasik hajinya. “beribadah itu sifatnya pribadi, kalau bekalnya cukup tentu akan diperoleh kepuasan batin,” tuturnya kepada tim Media Center Haji (MCH), Senin (7/9/2015).

Sesuai keputusan dirjen No. 799 tahun 2015 pemerintah sudah mengatur hak dan kewajiban KBIH. Isinya soal akreditasi, penyiapan kurikulum proses pembelajaran manasik, monitoring serta evaluasi. Bila nanti dalam pengawasan kita mendapat laporan ada KBIH yang nakal, Setelah dilakukan pembuktian dan verifikasi oleh tim pengawas. Maka ada sistem mekanismenya melalui tindakan secara administrasi. Yaitu teguran lisan (himbauan),atau teguran tertulis untuk disampaikan kepada pengurus yang bertanggung jawab atas KBIH tersebut. Bila pelanggarannya cukup berat akan diberikan sanksi pembekuan izin sementara. Bahkan apabila terdapat unsur tindak pidana atau mencemarkan nama baik bangsa dan negara indonesia akan dicabut izin operasionalnya, paparnya.

Komisi VIII DPR bersama pemerintah telah menyepakati bahwa pelaksanaan manasik haji dilakukan sebanyak 6 kali, ini menurun dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 10 kali. Jika calon haji ingin melakukan manasik lebih banyak silakan mengikuti manasik yang disediakan KBIH. “Bagi jemaah haji yang menginginkan kualitas bimbingan melebihi standar yang ditetapkan kami beri kesempatan untuk mengikuti bimbingan manasik yang dilaksanakan oleh masyarakat (perseorangan atau KBIH),” kata Ali.

Tanggapan Anda