Teh Hijau Terbukti Bisa Atasi Gangguan Otak pada Penderita Down Syndrome

Teh Hijau Terbukti Bisa Atasi Gangguan Otak pada Penderita Down Syndrome
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2016-06-10

Redaksi86 – Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan sehingga sangat baik untuk kulit. Kecuali itu, ada senyawa di dalamnya yang terbukti membantu mengatasi gangguan otak yang disebabkan oleh down syndrome. Temuan tersebut disampaikan oleh Dr Rafael de la Torre dan Dr Mara Dierrssen selaku peneliti. Mereka menyebut senyawa epigallocatechin gallate yang ada dalam teh hijau, putih, dan hitam berperan untuk meningkatkan memori visual dan juga mengarah pada perilaku adaptif.

Mengejutkan ketika melihat jika perubahan tidak hanya pada kognitif, tetapi juga konektivitas terhadap fungsional neuron di otak bisa menjadi lebih baik,” kata Dr de la Torre seperti diberitakan Independent.  Peneliti melanjutkan penelitian mereka yang sudah dipublikasikan di The Lancet Neurology ini. Dimulai dengan melakukan percobaan klinis kepada anak-anak dengan gangguan genetis. “Temuan kami positif pada populasi orang dewasa yang mana plastisitas otak terbatas karena otak sudah berkembang dengan sepenuhnya. Kami yakin jika perlakuan ini akan diberikan kepada anak-anak, hasilnya mungkin akan lebih baik,” kata kedua dokter tersebut.

Menurut Asosiasi Down Syndrome ada 40.000 orang di Inggris yang mengalaminya. Tiap tahun terdapat 750 bayi lahir yang memiliki down syndrome. Mereka yang memiliki down syndrome akan mempunyai keterbatasan dalam pembelajaran.

Saya rasa sudahlah jelas jika temuan kami bukanlah obat untuk bisa menyembuhkan down syndrome. Tetapi temuan ini sudah terbukti bermanfaat pada populasi yang luas. Mungkin dapat menjadi perlakuan untuk bisa meningkatkan kualitas hidup mereka yang sedang mengalami down syndorme,” tutup Dr Dierssen.

Tanggapan Anda