Minyak Kelapa Efektif Cegah Penumpukan Plak Gigi dan Bau Mulut

Minyak Kelapa Efektif Cegah Penumpukan Plak Gigi dan Bau Mulut
Twitter Facebook
Oleh Roni Setiawan
2016-06-15

Redaksi86 – Penumpukan sisa makanan bisa membentuk plak gigi dan juga bau mulut. Menurut studi, minyak kelapa bisa mencegah plak dan menjaga gigi supaya tetap bersih. Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstrak dari daging kelapa dan memiliki lemak jenuh. Akan tetapi lemak jenuh pada kelapa tergolong unik, karena hampir seluruhnya terbuat dari Medium chain triglycerides (MCTs).

Lemak ini juga mempunyai banyak manfaat kesehatan. Asam laurat adalah contoh asam lemak rantai menengah yang terbentuk sekitar hampir 50 persen dari minyak kelapa. Tubuh Anda dapat memecah asam laurat ke dalam senyawa yang disebut dengan nama monolaurin. Kedua asam laurat dan monolaurin bisa membunuh bakteri berbahaya, jamur hingga virus di dalam tubuh.

Asam laurat lebih efektif untuk membunuh patogen dari pada asam lemak jenuh yang lainnya. Terlebih lagi, studi juga menunjukkan bahwa ada banyak manfaat kesehatan dengan minyak kelapa secara langsung dan disebabkan oleh asam laurat. Asam laurat bisa mencegah bau mulut, kerusakan gigi hinggga penyakit gusi.

Cara yang paling populer adalah digunakan untuk merawat gigi dengan memakai proses yang disebut “oil puilling”. Dalam studi ini oil puilling juga signifikan dalam menurunkan penumpukan plak dan adanya tanda-tanda gingivitas di 60 peserta dengan memiliki penyakit plak pada gusi. Dengan pemakaian minyak kelapa kurang lebih selama 30 hari, skor plak mengalami penurunan hingga 68 persen. Sedangkan gingivitis bisa menurun sekitar 56 persen.

Tanggapan Anda