Ini Alasan Warga Korea Menyantap Samgyetang Saat Musim Panas

Ini Alasan Warga Korea Menyantap Samgyetang Saat Musim Panas
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2016-06-29

Redaksi86 – Minum es ataupun menyantap sajian dingin menjadi pilihan banyak orang ketika cuaca terik. Tetapi warga Korea malah mengatasi hal ini dengan makan sup yang hangat. Sup ayam utuh dengan gingseng (samgyetang) menjadi incaran wisatawan ketika berkunjung ke Korea. Sup ini dipercaya memiliki gizi tinggi dan bisa mengatasi cuaca panas. Ternyata ada sebab dibalik kebiasaan para warga Korea untuk mengonsumsi samgyetang pada musim panas.

“Di Korea, mereka berkata ‘lawan api dengan api!'” kata Choi Mi-hee, pemilik Gangwon Toon Samgyetang di Ilsan. Ia menjelaskan, “Ketika kita menyantap makanan dingin ketika musim panas, maka perut menjadi dingin tapi bagian badan yang lain tetap panas. Jadi kita harus membuat badan mempunyai temperatur yang sama.”
Samgyetang dimasak dengan memakai ayam muda, biasanya yang disembelih ketika berumur 1 bulan. Selain soal ukuran, daging ayam muda juga dipilih karena masih sangat lembut. Ayam kemudian diisi beras ketan serta dimasak bersama dengan gingseng, jujube, bawang putih, chestnut dan bahan-bahan lainnya bergantung si peracik. Choi biasa menggunakan 8 bahan rahasia lain yang alami dan menyehatkan.

Mengenai kalori, samgyetang rupanya juga mengandung lebih dari 1.000 kalori setiap mangkuk. Tetapi bagi Choi, sup bisa menjadi pilihan lebih baik dibandingkan dengan junk food. “Saat ini banyak sekali warga Korea yang makan junk food berlebihan. Tapi samgyetang tidak mengandung bahan kimia serta sangat alami juga sehat,” tutup Choi.

Tanggapan Anda