Kota Hantu di Arab Saudi yang Pernah Dilewati Nabi Muhammad SAW

Kota Hantu di Arab Saudi yang Pernah Dilewati Nabi Muhammad SAW
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2016-06-29

Redaksi86 – Di sisi barat laut Arab Saudi ada kota kuno Al Ula yang sudah berumur lebih dari 2000 tahun. Konon, kota hantu itu pernah dilewati oleh Nabi Muhammad. Dikumpulkan dari berbagai sumber, Al Ula adalah salah satu kota kuno di Arab Saudi yang berumur lebih dari 2000 tahun.

Sejarahnya, kota kuno Al Ula berdiri di abad ke-6 sebelum masehi. Berlokasi di oase di tengah gurun, Al Ula mempunyai tanah yang subur serta air yang berlimpah. Atas lokasinya yang strategis itu, Al Ula juga menjadi jalur perdagangan sutra sampai rempah-rempah pada zaman dulu.

Layaknya kota kuno, traveler bisa menemukan sekitar 800 rumah yang terbuat dari batu serta tanah liat. Rumah-rumah kuno itu saling berhimpitan satu sama lain dan terlihat seperti labirin. Menariknya, Al Ula dianggap sakral oleh umat Islam. Konon Al Ula pernah dilewati oleh Nabi Muhammad menuju Perang Tabuk yang terjadi antara Arab melawan Bizantium.

Seiring waktu, perlahan kota kuno Al Ula mengalami kerusakan. Di abad ke-13, kota kuno tersebut sempat di rekonstruksi. Tapi infrastruktur yang kuno malah membuat kota tersebut ditinggalkan masyarakatnya. Perlahan tapi pasti, penduduknya mulai pindah ke kota baru yang tidak jauh dari kota Al Ula. Diketahui jika penduduk terakhir kota kuno Al Ula pindah di tahun 1983 silam. Sekarang hanya menyisakan bangunan kota kuno yang menunggu hancur karena terpaan alam.

Tanggapan Anda