Korsel, Jepang, dan AS Gelar Latihan Rudal Gabungan

Korsel, Jepang, dan AS Gelar Latihan Rudal Gabungan
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2016-07-01

Redaksi86 – Uji coba rudal oleh Korea Utara baru-baru ini membuat khawatir negara-negara tetangga. Latihan gabungan rudal yang dilakukan oleh Korea Selatan, Jepang dan juga Amerika Serikat digelar di perairan Negara Bagian Hawai, Amerika Serikat. Militer Amerika Serikat juga mengatakan latihan gabungan yang bernama Pacific Dragon itu bisa semakin meningkatkan hubungan ketiga negara yang ‘selama ini sudah cukup kuat’.

Disebutkan latihan gabungan ini tidak sampai meluncurkan rudal tapi setiap negara akan menguji Sistem Pertahanan Rudal Balistik Aegis serta menguji pengumpulan data dan komunikasi. Sistem Aegis akan memungkinkan kapal-kapal perang untuk menembak rudal balistik musuh ketika berada di udara, sebelum timbul bahaya yang bisa menimbulkan kerusakan.

Latihan gabungan antara Jepang, Korea Selatan dan juga Amerika Serikat digelar sesudah Korea Utara melakukan sejumlah percobaan rudal balistik jarak menengah beberapa bulan terakhir. Sebagian uji coba itu sudah dilaporkan gagal, tapi uji coba yang tampak berhasil sudah dilakukan pekan lalu dan itu bisa mengkhawatirkan negara-negara yang ada di kawasan Asia.

Menanggapi latihan gabungan rudal Amerika Serikat, Korea Selatan dan juga Jepang ini, Korea Utara menyebutnya sebagai ‘provokasi militer’. Media Korea Utara melaporkan Amerika Serikat serta ‘kekuatan-kekuatan bermusuhan’ adalah ‘ancaman terus-menerus’ untuk keamanan Korea Utara. Oleh karenanya, negara tersebut akan semakin bertekad untuk bisa mengembangkan senjata balistik dan nuklir.

Tanggapan Anda