Kebakaran Lahan Semakin Meluas di Kabupaten Rokan Hilir Riau

Kebakaran Lahan Semakin Meluas di Kabupaten Rokan Hilir Riau
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2016-07-02

Redaksi86 – Sebelumnya ada 40 hektare lahan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di Riau yang sengaja dibakar. Hingga hari Kamis (30/6) kebakaran lahan muncul kembali di lokasi berbeda. “Lokasi kebakaran lahan terdapat di Kecamatan Punak Bangko, Rohil. Jadi ini sengaja dibakar,” kata Komandan Satgas Udara, Marsma Henri Alfiandi kepada para wartawan.

Lokasi kebakaran sebelumnya ada di Kecamatan Bangko Pusako, luasnya sekitar 40 hektare. Tim Satgas Udara kembali harus melakukan water bombing di lokasi yang berbeda. “Kita memakai dua pesawat air tractor serta heli milik BNPB. Kita melakukan water bombing di lokasi kebakaran yang baru” kata Henri.

Sebagaimana sudah diketahui, 40 hektare lahan yang terbakar adalah kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) dari PT Sumatere Riang Lestari (SRL). Perusahaan ini adalah penyuplai kayu HTI ke pabrik kertas PT RAPP. Hanya, lokasi yang dibakar itu adalah kawasan yang selama ini menjadi rebutan dengan masyarakat. Lokasi yang terbakar itu adalah lahan sengketa yang tidak pernah kunjung terselesaikan pemerintah.

Lahan 40 hektare memang sengaja dibakar warga untuk bisa membuka lahan perkebunan sawit. Pihak Satgas Udara melihat secara langsung ada dua warga yang membawa obor membakar lahan 40 hektare yang sebelumnya sudah disiram zat kimia. Begitu rumput dan semak belukar menjadi kering, dengan mudahnya para pelaku melakukan pembakaran di lokasi.

Tanggapan Anda