Kolong Biru, Bekas Galian Timah di Bangka yang Jadi Destinasi Wisata Keren

Kolong Biru, Bekas Galian Timah di Bangka yang Jadi Destinasi Wisata Keren
Twitter Facebook
Oleh Andini Stefani
2016-07-02

Redaksi86 – Jika ke Bangka saat lebaran nanti, dapat mampir ke Kolong Biru yang indah. Kolong adalah bahasa Bangka yang artina kolam atau danau bekas galian timah. Kolong Biru ada di perbatasan antara Bangka Tengah dan Bangka Selatan, tepatnya ada di Desa Air Bara, Kabupaten Bangka Selatan dan Desa Kabupaten Bangka Tengah.

Patokan utamanya adalah adanya belokan di Simpang Bemban, Desa Air Bara. Dari simpangan tersebut, jalanan tidak lagi beraspal. Hanya tanah yang sebagian besar becek dan sulit untuk dilintasi kendaraan pendek contohnya sedan dan lain sejenisnya. Lebih baik berjalan kaki tapi agak jauh, yakni sekitar 700 meter jika tidak ingin terjebak di tengah jalan yang mirip seperti lintasan off road.

Begitu sudah sampai di lokasi, perjuangan melintasi jalanan off road akan langsung terobati. Pengunjung disuguhkan dengan adanya hamparan air berwarna biru yang luas. Di sekelilingnya banyak gundukan tanah bekas galian timah yang berwarna putih membentang serta membentuk bukit-bukit baru.

“Yang membuat warnanya berbeda adalah karena kandungan timahnya yang juga berbeda, kedalamannya juga beda. Kalau yang biru ini 20 meter lebih, saya juga kurang tahu persis,” ucap Hendri Beberapa remaja terlihat berenang di salah satu sisi kolong. Mereka berlomba untuk melompat dari tepi, bahkan ada yang berenang menyeberang sampai ke tengah kolong. “Airnya aman untuk berenang. Tapi tidak layak kalau dikonsumsi. Masih terdapat kandungan timahnya,” tutup Hendri.

Tanggapan Anda