Masih Ada Sisa Makanan Lebaran, Ini 4 Cara Memanfaatkannya

Masih Ada Sisa Makanan Lebaran, Ini 4 Cara Memanfaatkannya
Twitter Facebook
Oleh Roni Setiawan
2016-07-16

Redaksi86 – Limpahan makanan ketika lebaran biasanya tidak habis sampai beberapa hari. Agar tidak sia-sia, manfaatkan saja sisa makanan tersebut. Makanan sisa lebaran dapat Anda simpan didalam lemari es kemudian dimanfaatkan sebagai lauk untuk beberapa hari. Berikut ini 4 cara memanfaatkan sisa bahan dan hidangan lebaran, yaitu :

  1. Membekukan makanan
    Mungkin saat membuat es buah Anda masih memiliki sisa buah segar. Begitu juga dengan sisa bawang, cabai dan herba yang belum terpakai. Potong-potong saja sisa buah, tomat, cabai, bawang bombay, herba sampai bawang putih. Masukkan ke dalam wadah selanjutnya simpan di freezer.
  2. Memanggang sayuran
    Beberapa sisa sayuran yang padat dapat dipanggang dalam oven ataupun pemanggang sebelum dimasukan ke freezer. Anda juga bisa menambahkan sayuran panggang ke sajian makanan contohnya nasi atau mie. Ini bisa menambah aroma sedap makanan.
  3. Buat sup
    Sup biasanya terdiri atas campuran potongan sayur, kaldu dan juga daging. Tapi Anda dapat memvariasikan sup dengan berbagai tambahan bahan yang masih tersisa. Menambahkah air dalam sup bisa memperbanyak jumlahnya sehingga sisa sup bisa disimpan lebih lama.
  4. Berbagi sisa makanan
    Jika kulkas Anda kehabisan tempat untuk bisa menyimpan sisa makanan, bagikan saja makanan ke tetangga, teman atau sahabat. Cari orang yang dapat memanfaatkan sisa makanan tersebut yang mungkin saja bisa diolah kembali.
Tanggapan Anda