Ini Pentingnya Menghidrasi Tubuh dengan Air Putih

Ini Pentingnya Menghidrasi Tubuh dengan Air Putih
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2016-07-17

Redaksi86 – Konsumsi air putih bisa membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Tapi apakah tubuh bisa tetap menjaga berat badan yang ideal? Sebuah studi terbaru yang diterbitkan oelh Annals of Family Medicine menambah bukti jika hidrasi memainkan peran penting dalam berat badan.

“Dalam temuan tersebut, orang-orang yang tidak cukup terhidrasi sudah meningkatkan kemungkinan terkena obesitas,” tutur Tammy Chang, penulis dari Department of Family Medicine.
Penelitian ini didasarkan data-data yang dikumpulkan Federal Health Survey, dimana para peneliti sudah mendokumentasikan berat dan tinggi badan para peserta. Selain itu, mereka melakukan tes urin untuk bisa membentuk ukuran objektif dari tingkatan hidrasi yang sudah dialami oleh para peserta.

Chang dan rekan-rekannya kemudian menemukan kemungkinan obesitas yang bisa dialami seseorang dengan hidrasi yang tidak baik yaitu 1,59 kali lebih tinggi. Akan tetapi hidrasi ini tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur. Hal ini dikarenakan selain terhidrasi dengan baik, mereka mungkin juga memiliki diet yang sehat. Studi kecil juga pernah dilakukan sebelumnya dan ternyata bisa menurunkan berat badan dengan rutin mengkonsumsi air putih sebelum makan. Akan tetapi hanya dalam jangka pendek.

“Selama beberapa bulan ini, orang-orang yang sudah minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan,” kata Eric Rimm dari Harvard School of Public Health. Idenya adalah bahwa orang akan merasa laparnya berkurang sesudah mengisinya dengan air. “Tapi apakah efeknya akan berlangsung?,” Rimm mengatakan itu masih belum dapat dibuktikan.

Tanggapan Anda