Cara Mengajar Matematika di Asia akan Diterapkan di Inggris

Cara Mengajar Matematika di Asia akan Diterapkan di Inggris
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2016-07-17

Redaksi86 – Ribuan sekolah dasar di Inggris akan mendapatkan tawaran untuk mencoba mengikuti gaya belajar mengajar matematika dengan cara Asia. Pemerintah menyediakan dana sebesar 41 juta Pound atau hampir Rp70 miliar untuk bisa membantu sekolah-sekolah yang tertarik untuk menerapkan metode yang digunakan di berbagai tempat dengan pencapaian skor matematika yang tinggi, seperti kota Shanghai, Singapura, dan Hong Kong. Dana tersebut tersedia untuk lebih dari 8.000 sekolah dasar di Inggris. Pendekatan dengan gaya Asia dalam pengajaran matematika sebenarnya sudah pernah digunakan sejumlah sekolah Inggris tapi dana dari pemerintah untuk bisa mendukung penggunaan cara tersebut semakin meluas.

Cara mengajar matematika Asia antara lain dengan menggunakan obyek dan gambar untuk memvisualisasikan ide-ide yang abstrak. Departemen Pendidikan juga menjelaskan pendekatan itu akan mencakup pengajaran murid-murid dalam kelas dengan dukungan buku pelajaran yang berkualitas tinggi. Dengan demikian fokus pengajaran interaktif untuk semua kelas dalam tempo yang cepat dan bukan hanya penjelasan dari guru yang diikuti dengan berbagai latihan kelompok-kelompok kecil didalam kelas.

Selain itu murid-murid juga didorong untuk bisa menggunakan ‘bentuk-bentuk fisik’ yang mencerminkan tentang konsep matematika, contohnya penggunaan obyek dan gambar untuk memvisualisasikan ide-ide abstrak dengan angka-angka dan juga lambang-lambang. Sebagai permulaan, sekitar 700 guru akan dilatih mendukung kelas-kelas matematika lanjutan yang untuk pertama kalinya digunakan di Inggris pada tahun 2014.

Tanggapan Anda