Tumis Sayuran dengan Cara Ini Agar Tetap Renyah dan Segar

Tumis Sayuran dengan Cara Ini Agar Tetap Renyah dan Segar
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2016-07-17

Redaksi86 – Tekstur sayuran yang renyah dengan tambahan bumbu yang gurih bisa membuat sayuran lebih enak dimakan dengan nasi. Sebelum mulai untuk menumis, sebaiknya siapkan semua sayuran serta bumbu. Perhatikan hal-hal dibawah ini agar warna sayuran tetap cerah dan juga rasanya enak.

  1. Cuci dan potong
    Sebelum dipotong maka sebaiknya cuci dulu sayuran. Jangan mencuci sayuran sesudah dipotong karena vitamin yang larut bersama air akan berkurang dan terbuang ketika dicuci. Potong sayuran dengan ukuran yang sama supaya matang bersamaan.
  2. Tumis bumbu
    Gunakan api besar ketika menumis. Beri sedikit minyak dan juga tumis bumbu seperti bawang bombay ,bawang putih atau bawang merah yang dicincang ataupun diiris tipis. Jika ingin memakai cabai merah, bumbu lain contohnya saus tiram, kecap, jahe, lengkuas dapat ditambahkan. Aduk sampai layu dan harum.
  3. Tambahkan air
    Sesudah bumbu matang, tambahkan sedikit air. Penambahan air ini harus dilakukan pada awal menumis agar bumbu-bumbu bisa teremulsi dan partikelnya terpecah sehingga aromanya bisa lebih harum. Jangan menambahkan air ketika sayuran sudah selesai dimasak, hal ini bisa menyebabkan sayuran mempunyai warna kecokelatan.
  4. Masukkan sayuran
    Masukkan sayuran dan tutuplah wajan, biarkan sampai beberapa saat. Aduk sampai matang merata. Kemudian angkat sayuran dan sajikan ketika masih hangat. Menyajikan tumisan dalam keadaan yang hangat supaya vitamin dan mineral sayuran tetap terjaga.
Tanggapan Anda