Usai Lebaran, Ayo Bertualang Mencari Sang Naga

Usai Lebaran, Ayo Bertualang Mencari Sang Naga
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2016-07-17

Redaksi86 – Ini bukan cerita Game of Thrones, tapi Indonesia memiliki hewan Naga Purba. Taman Nasional Komodo (TNK) di Flores, Nusa Tenggara Timur begitu spesial karena menjadi habitat komodo yang langka. Ada sekitar 4 pulau di kawasan TNK, tapi yang sering dikunjungi wisatawan adalah Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Setibanya di dermaga Pulau Rinca, wisatawan dapat segera turun dari kapal serta membayar tiket masuk seharga Rp 25 ribu. Ada tiga rute trekking yang dapat dipilih yaitu short, medium dan juga long. Wisatawan akan ditunjukkan rumah panggung yang berfungsi menjadi dapur. Di waktu tertentu, biasanya banyak komodo yang berkumpul didepan halaman rumah itu. Dari rumah panggung tersebut perjalanan dilanjutkan masuk ke dalam hutan, di mana terdapat sarang komodo disana. Sarang itu berupa lubang-lubang di tanah yang dipakai untuk mengerami telur. Dari sarang, perjalanan dilanjutkan ke dalam hutan kemudian berputar ke titik awal.

Puas berjelajah Rinca, bertolaklah ke Pulau Komodo supaya petualangan lebih lengkap. Pulau Komodo dapat dicapai dengan naik perahu sekitar 1 jam dari Rinca. Di Pulau Komodo juga terdapat pilihan rute trekking untuk bisa melihat si naga purba, dari yang short sampai long. Wisatawan tinggal pilih saja sesuai dengan keinginan.

Bertemu komodo di sini terkadang sulit. Sang naga di pulau ini rata-rata berukuran lebih besar jika dibandingkan di Pulau Rinca, tua dan cenderung malas untuk bergerak. Kalau udara terlalu panas maka mereka akan bersembunyi di tempat yang sejuk.

Tanggapan Anda