Ikuti Langkah Ini untuk Membuat Tempura Sayuran yang Krenyes Gurih

Ikuti Langkah Ini untuk Membuat Tempura Sayuran yang Krenyes Gurih
Twitter Facebook
Oleh Stella Aryani
2016-07-17

Redaksi86 – Tempura bisa menjadi alternatif olahan sayur yang enak. Agar tekstur tempura renyah di luar serta lembut di dalam ada triknya. Tidak hanya udang dan daging, ragam sayuran juga enak untuk dijadikan tempura. Pilih sayuran bertekstur padat supaya tidak lembek sesudah digoreng. Sesudah itu, lakukan hal berikut agar rasanya renyah enak.

  1. Adonan tepung
    Buat adonan tepung tempura dari tepung tempura yang dijual di pasar. Cairkan tepung dengan air sampai encer. Siapkan adonan sebelum membuat tempura supaya tidak mengeras. Untuk membuat campuran tepung tempura, aduklah menjadi satu tepung 200 g tepung terigu, 2 sdm tepung beras, setengah sdt merica bubuk, setengah sdt baking powder dan 1 sdt garam kemudian tambahkan air es secukupnya sampai adonan kental.
  2. Menyiapkan minyak
    Panaskan minyak di atas api sedang sampai mencapai suhu 180 C. Untuk mengetes adonan, Anda dapat menjatuhkan adonan ke dalam minyak tersebut. Jika adonan mengendap sebentar ke dasar wajan terus segera naik ke atas maka minyak cukup panasnya. Tapi jika adonan langsung naik ke permukaan minyak maka suhunya terlalu panas.
  3. Menggoreng tempura
    Celupkan sayuran yang berbalur adonan ke dalam minyak. Dengarkan suara gemericik minyak serta air untuk mendapatkan tanda proses pematangan. Jika suaranya berisik maka adonan belum kering dan banyak mengandung air. Sebaliknya, jika suara berisik sudah berkurang maka tempura sudah matang.
  4. Sajikan
    Sesudah adonan kering, tiriskan tempura. Sajikan sebagai camilan ataupun pelengkap nasi. Kalau suka, buatlah saus tempura dengan parutan lobak dan jahe sebagai pelengkapnya.
Tanggapan Anda